Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Fungsinya?
Design

Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Fungsinya?

Banyak yang mulai untuk membuat logo, tapi, banyak pula yang tidak tahu apa yang dimaksud dengan logo.

Apakah hanya sebatas gambar kecil yang dipasang di kemasan, identitas ataupun yang lainnya. Jika Anda masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan logo, simak informasi berikut ini.

Pengertian Logo yang Perlu Diketahui

Dilihat dari asal usulnya, logo merupakan kata serapan dari logos yang berasal dari bahasa Yunani. Logos berarti budi, pikiran, kata, akal, pembicaraan.

Logo juga diambil dari kata logotype yang dipergunakan tahun 1810-1940. Logotype bisa diartikan sebagai tulisan nama entitas yang dibuat khusus menggunakan teknik lettering yang menarik.

Jadi, awal mula logotype ini menggunakan font atau elemen tulisan saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, logo akhirnya dibuat dengan memanfaatkan elemen lain seperti sketsa atau gambar.

Jika ditarik kesimpulan, logo bisa diartikan sebagai tulisan, sketsa, gambar yang memiliki makna tertentu dan mewakili intensitas suatu badan. Badan yang dimaksud bisa berarti lembaga, organisasi, daerah, negara, perusahaan hingga produk tertentu.

Logo dibuat berdasarkan pada filosofi tertentu dengan kerangka dasar berbentuk konsep dengan tujuan menciptakan sifat mandiri. Setiap logo juga diwajibkan memiliki ciri khas tertentu sehingga bisa membedakan antara logo yang satu dengan logo yang lain.

Apa saja yang berbeda? Perbedaan dalam hal ini bisa berkaitan dengan bentuk, font atau tulisan yang digunakan hingga warnanya.

Tidak Hanya Sekedar Identitas, Ini Dia Fungsi Logo

(baca: plus minus membuat logo)

Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Fungsinya?
Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Fungsinya?

Mudahnya, logo dibuat untuk menggambarkan suatu identitas brand atau badan tertentu. Dengan begitu, hanya dengan melihat logonya, maka orang lain akan bisa melihat pemilik dari logo tersebut.

Namun, apa hanya itu? Tidak.

Logo juga memiliki banyak fungsi, diantaranya:

  • Branding

Logo berkaitan erat dengan marketing suatu perusahaan atau tempat atau brand tertentu. Karena pada dasarnya logo berfungsi sebagai identitas, maka lewat logo pula, suatu perusahaan bisa membangun branding.

Branding ini berkaitan dengan kepopuleran perusahaan atau brand tertentu di mata masyarakat. Branding juga memiliki kaitan dengan image dari suatu perusahaan.

Jika di mata masyarakat, terutama pangsa pasarnya brand memiliki image yang baik, maka branding berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, pembuatan logo juga mempertimbangkan mengenai image apa yang ingin ditimbulkan oleh perusahaan atau brand tertentu di pasar.

  • Sarana Informasi

Dalam logo, terdapat suatu informasi tentang brand atau perusahaan. Misalnya logo dengan gelas kopi, seakan mempertegas bahwa logo tersebut menggambarkan tempat dengan menu utama kopi.

  • Mengutarakan Emosi

Logo berperan untuk menjadi sarana yang bisa digunakan untuk mengutarakan emosi. Tidak lucu ketika produknya susu untuk anak-anak tapi logonya bergambar palu atau pisau.

  • Membantu Marketing

Logo digunakan untuk sarana promosi dan iklan suatu perusahaan atau brand. Hal ini bisa dilihat dari filosofi logo atau makna yang ditimbulkan dari logo tersebut. Bisa juga dilihat dari slogan yang dituliskan di logo.

Jika logo bisa membantu marketing maka peluang penjualan juga akan semakin tinggi. Alhasil, keuntungan yang diperoleh juga semakin banyak.

Jadi, sudah tahu ya tentang apa yang dimaksud dengan logo dan fungsinya. Dengan informasi ini semoga bisa membantu Anda menyiapkan logo yang tepat untuk Anda.