Design Property

Cara Membuat Desain Interior di Sketchup : 2 Trik Rahasia untuk 3D Modelling

Sketchup adalah salah satu software desain grafis yang sangat mendukung pembuatan model 3D. Keunggulan ini membuat banyak orang mencari informasi tentang cara membuat desain interior di Sketchup. Selain Corel Draw dan AutoCAD, Sketchup bisa menjadi alternatif software untuk membuat desain interior dalam bentuk tiga dimensi.

Tutorial penggunaan Sketchup bisa dengan mudah Anda dapatkan dari berbagai sumber. Sayangnya, tidak banyak yang mengulas tentang trik-trik rahasia yang justru sangat dibutuhkan oleh desainer profesional. Sketchup menyimpan banyak fitur menarik yang akan memudahkan Anda dalam membuat desain interior tiga dimensi. Beberapa trik tersebut bisa Anda pelajari dari uraian di bawah ini.

Cara Membuat Desain Interior di Sketchup dengan Trik Mudah

  • Gunakan 3 Tombol Mouse

Tahukah Anda, wheel di bagian tengah mouse yang biasa Anda gunakan untuk scrolling ternyata juga berfungsi sebagai tombol. Wheel bisa Anda gunakan untuk mempermudah cara membuat desain interior di Sketchup. Cara ini mampu menghemat banyak waktu Anda dalam membuat model 3D sehingga lebih efisien dalam pekerjaan.

Di Sketchup, terdapat fool bernama orbit yang berfungsi untuk mengubah perspektif model seperti zoom in, zoom out, dan memutar objek ke sudut pandang lain. Orbit tool bisa diaktifkan melalui tombol di toolbar. Tapi cara ini tidak efisien karena Anda harus bolak-balik menekan tombol toolbar untuk mengaktifkannya. Triknya, tekan dan tahan wheel mouse Anda, secara otomatis orbit tool akan diaktifkan. Lepaskan jika sudah selesai, orbit tool pun otomatis dinonaktifkan. Sangat praktis bukan?

 

  • Gunakan Groups dan Components

Cara membuat desain interior di Sketchup seringkali bertambah rumit saat model sudah sangat kompleks. Berbagai objek sudah terbentuk di layar dan Anda harus berhati-hati dalam memilih objek yang ingin Anda ubah. Lebih sulit lagi jika Anda ingin memindah atau mengubah beberapa objek sekaligus. Klik pada tiap objek tentu sangat sulit dan tidak efisien mengingat banyaknya objek yang harus Anda tangani.

Nah, untuk menyiasati kesulitan ini, gunakan saja fitur Groups dan Components. Groups akan menggabungkan beberapa objek yang sudah Anda pilih, sehingga Anda bisa memindah dan mengubah kumpulan objek tersebut tanpa harus memilih ulang satu-per-satu. Components berguna untuk membuat salinan identik dari suatu objek. Jika Anda mengubah salah satu objek, maka objek-objek lain yang tergabung dalam komponen tersebut akan berubah juga.

Maksimalkan Penggunaan SketchUp untuk Desain Interior yang Memuaskan

Sketchup sudah diakui oleh para penyedia jasa desain interior sebagai salah satu software desain 3D terbaik. Fitur dan fungsi yang lengkap sangat memudahkan desainer dalam merancang desain interior tanpa banyak kesulitan. Ditambah lagi dengan dua trik rahasia di atas, Anda tidak perlu bingung lagi mencari cara membuat desain interior di Sketchup untuk model 3D yang lebih presentatif.