Deretan Warna Cat Rumah yang Bagus Menurut Islam
Property

Deretan Warna Cat Rumah yang Bagus Menurut Islam

Masing-masing orang memiliki preferensi atau acuan tersendiri untuk menentukan warna rumah. Misalnya karena agama. Lantas, apa saja warna cat rumah yang bagus menurut Islam?

Sebenarnya, tidak ada warna yang paling bagus. Hanya saja, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam paling mencintai warna hijau [Tabarani, al-Mu ‘jam al-Awsat].

Dilansir dari 99, saat Rasul wafat, beliau ditutupi dengan Hibra Burd. Hibra Burd ini sendiri merupakan pakaian kotak yang berwarna hijau.

Deretan Warna Cat Rumah yang Bagus Menurut Islam
Deretan Warna Cat Rumah yang Bagus Menurut Islam

Karena hal tersebut, warna hijau dipergunakan untuk pengikatan antara Al-Quran dengan kubah masjid.

Di sisi lain, warna hijau memberikan kesan segar dan lapang. Hijau juga cocok untuk rumah dengan konsep natural atau back to nature.

Secara psikologis pun, warna hijau mampu membuat otak menjadi lebih nyaman dan tenang. Jadi, cocok untuk Anda yang ingin memiliki hunian yang dapat membantu proses healing.

Selain hijau, apakah ada  warna cat rumah yang bagus menurut Islam? Ada. Pilihan warna tersebut, yaitu:

  • Kuning

Warna kuning juga kerap digunakan oleh Rasulullah. Warna tersebut diperoleh dengan cara mencelupkan baju ke wars dan za’faran.

Kuning mampu memberikan kesan yang ceria dan bentuk energy positif. Alhasil, warna kuning ini cocok untuk Anda yang ingin membangun rumah yang ceria. Apalagi, jika rumah Anda dihuni juga oleh anak-anak.

Apakah warna kuning bisa dikombinasikan dengan yang lain? Bisa. Anda bisa mengkombinasikan dengan warna biru, putih bahkan abu.

Namun, dalam pemilihan warnanya, Anda perlu berhati-hati dan pertimbangkan juga dengan hunian Anda.

Misalnya Anda memiliki rumah yang minimalis, maka Anda perlu memiliki warna kucing muda seperti kuning pastel atau kuning gading. Anda juga bisa menggunakan jenis kuning mustard. Namun, untuk rumah minimalis, hindari menggunakan warna mustard terlalu banyak agar tidak terkesan semakin sempit.

  • Putih

Putih melambangkan kesucian. Karena hal inilah, banyak rumah di Timur Tengah yang cenderung menggunakan warna putih untuk rumahnya.

Di sisi lain, putih termasuk warna netral. Warna ini bisa dikombinasikan dengan warna apapun, termasuk warna kursi sofa minimalis.

Agar memberikan kesan lebih, Anda bisa mengkombinasikan warna putih dengan warna lain sesuai kesan yang ingin ditimbulkan. Misalnya kesan elegan, Anda bisa menggunakan putih dan kuning emas. Kesan minimalis modern kontemporer bisa menggunakan warna monokrom.

  • Hitam

Warna hitam cenderung dihindari oleh banyak orang. Padahal, ketika Anda mengaplikasikan warna hitam dengan tepat, Anda akan mendapatkan kesan elegan klasik atau maskulin, kuat dan kokoh yang menarik.

Warna hitam sendiri juga kerap digunakan oleh Rasulullah untuk kain sorbannya. Jadi, tidak ada alasan lagi kalau warna hitam melambangkan hal yang negatif ya.

Selain itu, abu-abu dan merah juga menjadi warna cat rumah yang bagus menurut Islam yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, Anda ingin menggunakan warna apa untuk cat rumah Anda?